Viral, Warga Belah Buaya yang Terkam Nelayan di Riau, Begini Ceritanya

158

Sebuah video yang memperlihatkan warga Riau menangkap seekor buaya dan menemukan kepala manusia setelah membelah perut buaya itu viral. Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau membenarkan kejadian dalam video itu.

Pada Senin (27/4/2020), dalam video tersebut tampak warga beramai-ramai menangkap seekor buaya dengan panjang kira-kira 3 meter. Usai berhasil ditangkap, warga terlihat membelah perut buaya tersebut.

Setelah dibelah terlihat ada kepala manusia dalam perut buaya itu. Peristiwa itu disebut terjadi di Desa Teluk Lunus, Sungai Apit, Siak. Nelayan yang diduga diterkam buaya tersebut merupakan warga Kabupaten Meranti.

BBKSDA Riau membenarkan kejadian tersebut. Peristiwa nelayan diserang buaya itu disebut terjadi pada Minggu (26/4).

“Kami baru menerima laporan ini tadi pagi. Kejadiannya benar, di lokasi Teluk Lunas yang merupakan wilayah pertemuan antara laut dengan sungai. Di sana ada buaya muara yang sangat aktif,” kata Kepala Bidang Wilayah II BBKSDA Riau Heru Sutmantoro.

Heru mengatakan nelayan tersebut diperkirakan diserang buaya saat sedang mencari ikan. Dia mengatakan BBKSDA sudah sering melakukan sosialisasi agar masyarakat, khususnya nelayan berhati-hati di lokasi tersebut.

“Kita sudah pernah melakukan sosialisasi terkait keberadaan buaya muara yang sangat aktif di lokasi itu,” ujar Heru.