Rumah Misterius di Gunung Kidul Ternyata Milik Bupati!

67

Gudanggames.net – Rumah merupakan salah satu hal penting yang dimiliki oleh keluarga sebagai tempat berteduh. Akan tetapi banyak juga kita temui bahwa adanya sejumlah rumah yang kosong tak berpenghuni.
Seperti pada sebuah foto rumah lama yang semula diunggah oleh akun Instagram bernama @radargunungkidul Selasa (22/9/2020).
Melansir dari Kompas.TV, foto rumah lama yang berada di Padukuhan Pati, Kalurahan Genjahan, Kapanewon Ponjong, Gunungkidul, Yogyakarta. Foto rumah ini kemudian viral dan ramai diperbincangkan oleh warganet.
Ternyata setelah ditelusuri rumah tersebut merupakan milik dari Bupati Gunungkidul ke 18 yakni Prawiro Suwignyo.
Bupati tersebut menjabat pada periode 1958 sampai 1959. Hal ini disebutkan oleh salah seorang cucu pemilik rumah bernama Martanty Soenar Dewi. Hal ini disampaikannya pada Rabu 23 September lalu yang menyebut jika itu merupakan rumah milik eyangnya.
“Dulu kepatihan (Kabupaten) tempat Bupati pertama, kalau rumahnya bukan. Memang (bupati pertama dan ke 18) masih trah,” ujarnya.
Saat bayi dirinya pernah tinggal di rumah tersebut, akan tetapi karena dirinya lahir di hari yang sama dengan sang Ibu menyebabkannya harus berpisah. Maka dari itu setelahnya setelah lulus SMP di tahun 1974 ia dibawa oleh sang nenek untuk pindah ke Malang, Jawa Timur.
Dirinya sendiri tidak mengetahui secara pasti kapan rumah tersebut dibangun hanya saja ia perkirakan telah ada sekitar tahun 1920 sampai 1925.
Walau telah lama dibiarkan kosong rumah tersebut nampak masih berdiri kokoh dengan arsitektur zaman dulu yang membuat banyak orang tertarik.
Terlebih lagi ke rumah tersebut berada di perkebunan pohon jati dan memiliki banyak jendela di bagian depan rumah. Sebagian dari rumah tersebut minimal terbuat dari kayu jati hanya saja beberapa bagian telah rusak termakan usia.
Martanty menyebut jika sebenarnya rumah tersebut hanya tersisa bagian depannya saja sementara bagian belakang sudah roboh.
Rumah itu sendiri telah kosong sejak 10 tahun yang lalu setelah seorang penjaga rumah itu memilih untuk mengikuti keluarganya.
Dan kini pihak keluarga berencana untuk melakukan pemugaran di rumah tersebut. Mereka berencana untuk tetap mempertahankan bentuk aslinya dan nantinya mungkin akan digunakan sebagai transit keluarga.