Penyaluran Paket Sembako dan BLT Program Presiden Jokowi 

156

Menyebarnya wabah virus Covid-19 atau Corona memberikan imbas yang sangat besar berbagai negar di penjuru belahan dunia. Seperti yang kita ketahui bahwa penyebaran virus Covid-19 yang melanda dunia ini menimbulkan kerugian dari berbagai aspek, terutama kerugian dari segi kesehatan dan ekonomi. Tecatat sudah ada beberapa negara yang tlah melakukan sistem lock down, menerapkan sistem lock down suatu negara harus memiliki kesiapan dari berbagai hal. Selain memerlukan beberapa syarat dalam melaksanakan Lock Down, perlu juga upaya dari masyarakat untuk mematuhi dan menerapkan setiap kebijakan pemerintah di tengah menyebarnya bencana ini. Di Indonesia sendiri Ibu Kota Jakarta sudah menerapkan sistem Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB).

Dengan melandanya musibah virus Covid-19, banyak perusahaan yang memperkerjakan karyawannya di rumah. Dari terjadinya kejadian ini, banyak sekali masyarakat yang mengalami kekurangan pendapatan dan bisnis menjadi sepi. Inas yang paling berpengaruh ialah untuk masyarakat kalangan kecil dan warga masyarakat miskin. Pemerintah pusat di bawah naungan Presiden Joki Widodo atau akrab di sapa Jokowi memberikan penyaluran paket sembako dan BLT kepada warga yang kurang mampu. Karena Ibu Kota Jakarta menjadi yang pertama menerapkan sistem Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB), maka Jokowi telah memberikan bantuan berupa paket sembako kepada masyarakat yang kurang mampu. Selain Jakarta paket sembako juga akan di berikan untuk kota Bekasi, Tangerang, Tangerang Selatan, Depok, dan Kabupaten Bogor. Paket Sembako yang di berikan kepada masyarakat di Jabodetabek bernilai rp 600.000,00 per bulannya untuk setiap kepala keluarga, kata Menteri Sosial Juliari Batubara.

Menurut penyampaian Menteri Sosial Juliari Batubara paket sembako tersebut akan di berikan selama 3 bulan berturut – turut di mulai semenjak bulan April 2020. Masyarakat yang kurang mampu dan yang akan di berikan bantuan di berikan sesuai dari data terpadu kemensos. Selain dukungan serta bantuan dari pemerintah kepada masyarakat yang kurang mampu, tidak sedikit juga masyarakat yang mampu dan berbagai organisasi yang ikut serta memberikan bantual sosial. Semoga penyebaran virus Covid-19 dapat segera berlalu agar negeri tercinta Indonesia yang memiliki keindahan alam serta flaura & fauna dan keragaman suku, ras, budaya  ini bisa menjadi kembali normal. Ayo tetap jaga kesehatan dan ikuti panduan serta kebijakan pemerintah.