Kisah di Balik Perawat Ajak PDP Karaoke Lagu India yang Viral

267

RSUD Blambangan Banyuwangi membenarkan video perawat mengajak PDP Corona karaoke lagu india yang viral. Ternyata, lagu india tersebut merupakan request dari pasien.

Apa yang dilakukan perawat seperti dalam video merupakan aksi spontanitas petugas medis dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di ruang isolasi rumah sakit. Seperti yang disampaikan Dokter Spesialis Patologi Klinik RSUD Blambangan Banyuwangi, dr Roudhotul Ismaillya Noor SpPK.

“Karena ingin menghibur pasien yang kejenuhan, petugas menawarkan mereka untuk karaoke. Lalu salah satu pasien mintanya diputarkan lagu india,” ujar dr Roudhotul, Kamis (23/4/2020).

“Akhirnya permintaan itu kami kabulkan, lagu india sesuai permintaan pasien kami setel lewat YouTube dari ruang sebelah. Dan terjadilah apa yang nampak dalam video,” imbuh dokter yang akrab disapa Emil.

Menurutnya, lima PDP yang berada di ruang isolasi RSUD Blambangan mulai mengalami kejenuhan, karena beberapa di antaranya secara klinis sudah sehat. Kemudian mereka juga sudah berada di ruang isolasi lebih dari sepekan.

“Sebelumnya biasanya kami juga memutarkan tausiah keagamaan untuk memberikan siraman rohani dan memotivasi mereka. Karena selain jenuh, beberapa pasien juga mengalami kondisi psikologi yang tertekan,” pungkasnya.