Heboh, Video Tenaga Medis Sholat Pakai APD Lengkap

485

Gudanggames.net – Sebuah video yang menayangkan seorang tenaga medis ketika menunaikan ibadah sholat dengan memakai APD (alat perlindungan diri) untuk penanganan pasien Covid-19, viral di media sosial Facebook.
Video berdurasi 13detik tersebut diunggah pada hari Selasa (07/04/2020) pukul 06.57 WIB.

Didalam tayangan video, terlihat seorang tenaga medis sedang menunaikan ibadah sholat dengan memakai APD lengkap untuk penanganan pasien Corona. Gerakan dan tata cara sholat yang dilakukan seorang tenaga medis di Kota Mojokerto tersebut, mengikuti tata cara sholat untuk orang yang berada dalam kendaraan atau berhalangan dalam melakukan shalat secara normal.

Didalam unggahan video tersebut, ada sejumlah keterangan terkait video tenaga medis yang menunaikan sholat ketika masih mengenakan APD lengkap untuk penanganan pasien corona.

“Ini beneran terjadi, kewajiban tetep kudu dilaksanakan. Kenapa dilakukan seperti itu? Karena takut, untuk meminimalisir kontaminasi,” tulis akun Facebook Ida Sulaiman dalam status Facebooknya.

Ulasan panjang ditulis Ida, terkait kondisi para tenaga medis yang bertugas di ruang isolasi untuk penanganan pasien corona. Bertugas di ruang isolasi, para tenaga medis harus menjaga diri sendiri, sesama tenaga medis, juga merawat dan memantau perkembangan pasien yang dirawat.

Menurut Ida, ketika jam kerja di ruang isolasi, bertahan sampai dengan batas waktu pergantian shift jaga merupakan pilihan terbaik supaya kontaminasi virus corona tak menyebar ke mana-mana.

Tidak lupa, Ida Sulaiman juga menyampaikan supaya masyarakat mematuhi arahan pemerintah untuk tetap tinggal di rumah dan menjaga jarak aman.

“Bantu kami plissssss, stay at home aja. Jangan keluar kalao tidak ada kepentingan, jaga imun, jaga iman. Kalau aja terpaksa mesti keluar rumah pakai masker, jaga kebersihan tangan,” tulisnya.

Berdasarkan penelusuran, video tenaga medis yang menunaikan sholat dengan masih mengenakan APD lengkap itu ialah seorang petugas yang menjalankan tugas di ruang isolasi RSUD dr Wahidin Sudiro Husodo, Kota Mojokerto, Jawa Timur.

Kasi Keperawatan RSUD dr.Wahidin Sudiro Husodo, Kota Mojokerto, Elisabeth mengatakan, petugas medis yang heboh karna sholat ketika masih mengenakan APD lengkap untuk penanganan pasien Covid-19, merupakan paramedis yang bertugas di bagian dalam ruang isolasi.

“Memang itu paramedis yang khusus menangani pasien Covid-19 disini. Petugas kami yang melakukan sholat tersebut bertugas di bagian dalam ruang isolasi,” ujar Elisabeth, ketika dikonfirmasi ditempat kerjanya pada Rabu (8/4/2020).

Seluruh petugas medis yang bertugas di ruang isolasi untuk menangani pasien corona, ucapnya, wajib mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan.

Sebelum selesai tugas diruang isolasi, seluruh petugas medis dilarang melepas APD karna di khawatirkan akan terkontaminasi virus Covid-19.
Selama masa bertugas, petugas medis di ruang isolasi juga tak mungkin untuk melakukan sholat di mushola rumah sakit karna mesti bersiaga di ruang isolasi hingga datang pergantian shift.

“Insya Allah, sholat itu untuk menguatkan batin petugas kami. Bagi kami, masuk ke ruang isolasi itu ialah berjuang. Seluruh protap mesti kami ikuti dan kewajiban juga tetap dilaksanakan,” ujar Elisabeth.

Dia menambahkan, sampai dengan Rabu, rumah sakit milik Pemkot Mojokerto itu menangani 3 pasien dalam pengawasan (PDP). Secara akumulatif, rumah sakit ini menangani 4 PDP, dimana salah satunya meninggal dunia, pada Rabu minggu lalu.