Heboh! Harimau di Kebun Binatang Positif Virus Corona

400

Gudanggames.net – Seekor harimau di Kebun Binatang Bronx, New York dinyatakan positif terkena virus corona (COVID-19). Wildlife Conservation Society mengatakan bahwa harimau betina asal Malaysia yang berusia 4 tahun tersebut menderita batuk kering beberapa hari terakhir.

Hasil diagnosis pun di paparkan oleh USDA AS (Laboratorium Layanan Veteriner Nasional Departemen Pertanian) menyatakan bahwasannya harimau tersebut positif. Ini ialah kasus COVID-19 pertama yang dikonfirmasi bisa tertular pada harimau.

“Bahkan, beberapa harimau dan singa di kebun binatang itu juga menunjukkan gejala penyakit pernapasan,” ujar USDA, Senin (6/4/2020).

Harimau bernama Nadia tersebut diyakini terinfeksi oleh karyawan kebun binatang. Harimau tersebut mulai menunjukkan gejala pada 27/03/20.

Walaupun mereka mengalami penurunan nafsu makan, para harimau di Kebun Binatang Bronx dinyatakan baik-baik saja dibawah perawatan hewan dan tetap interaktif dengan pemelihara mereka,” kata Wildlife Conservation Society.

“Tidak diketahui gimana penyakit ini akan berkembang pada kucing besar itu karena spesies yang berbeda dapat bereaksi secara berbeda terhadap infeksi baru, namun kami akan terus memantau mereka dengan seksama dan mengantisipasi pemulihan penuh.”

Kebun Binatang Bronx ditutup pada 16 Maret yang lalu karena kasus COVID-19 di New York mulai tumbuh. New York merupakan negara bagian dengan kasus corona terbanyak didunia, dengan 123.018 kasus, 4.159 kematian dan 106.672 pasien sembuh.

Walaupun begitu, CDC AS (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit) tak mempunyai bukti bahwa hewan pendamping, termasuk hewan peliharaan, dapat menyebarkan COVID-19. Namun ditekankan bahwa dibutuhkan lebih banyak informasi untuk memahami dengan tepat kalau dan bagaimana COVID-19 memengaruhi berbagai spesies hewan.

Sebelumnya, seekor anjing di HongKong dinyatakan positif COVID-19 pada akhir Februari 2020. Lalu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan anjing itu baik-baik saja dan tak mengalami gejala apa pun.